Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
a.Cara Membuat Email Di Yahoo Indonesia
Tutorial cara membuat email di yahoo indonesia :1. Pertama masuk ke halaman login email yahoo, atau klik di sini daftar yahoo.
2. Selanjutnya kita akan menemui halaman dengan tampilan seperti pada gambar berikut.
3. Klik pada tombol “Create New Account”. Maka kita akan menemui halaman dengan tampilan seperti pada gambar di bawah. Isilah form pendaftaran dengan data-data yang diminta. Dilanjutkan dengan menekan tombol “Buat Account Saya”.
Keterangan :
- Nama Saya: isilah dengan nama depan dan nama belakang anda (bisa pakai nama samaran, terserah !)
- Jenis Kelamin : Pilih salah satu Laki atau perempuan
- Tanggal Lahir : Isilah dengan tanggal lahir seperti yang diminta
- Saya tinggal di : Pilih salah satu negara di mana anda tinggal
- ID Yahoo! dan Email : Isikan dengan nama email yang anda inginkan. Akhirannya bisa dipilih @yahoo.co.id, @yahoo.com, @ymail.com atau @rocketmail.com, terserah.
- Kata Sandi : Isikan dengan kata sandi (password) yang akan digunakan setiap kali akan sign login ke akun yahoo nantinya. Penggunaan huruf besar berpengaruh. Gunakan 6 hingga 32 karakter, dan jangan gunakan nama atau ID Yahoo! Anda.
- Ketik ulang Kata Sandi : Ulangi lagi kata sandi di atas
- Pertanyaan Keamanan : Ini nantinya akan digunakan jika anda misalnya lupa password emailnya. Bisa menggunakan pertanyaan keamanan ini untuk merecovery/mengembalikan password email anda. Pertanyaan bisa dipilih atau bisa membuat sendiri.
- Jawaban Anda : Isi dengan jawaban dari pertanyaan keamanan di atas.
- Ketik kode yang ditampilkan : Ketikkan kode angka dalam gambar seperti yang ditampilkan. Apabila anda sulit membacanya, bisa minta kode yang lain dengan menekan tombol “coba kode baru”.
4. Setelah menekan tombol “Buat Akun Saya”, maka anda akan menemui halaman konfirmasi dengan tampilan seperti pada gambar berikut,
5. Tekan tombol “lanjutkan”. Maka anda akan menemui halaman baru dengan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
6. Itu artinya email telah selesai dibuat.
Panduan Cara Menggunakan Email Yahoo
Untuk mengecek email yang masuk, silahkan di tekan pada menu Email Masuk. Sedangkan kalau ingin mengirim email, pertama kali tekanlah pada menu Tulis, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. (tekan pada gambar untuk memperbesar)Keterangan:
Kepada : isilah dengan alamat email tujuan misalnya, andini3380@ymail.com
Cc : kosongkan saja
Judul : isilah dengan judul email, misalnya “Minta tolong dibuatkan facebook baru”, dll
Lampirkan file : Ini digunakan jika anda menyertakan file ke dalam email misalnya mp3, microsoft word, pdf, zip, rar, dll.
Selanjutnya mulailah menulis pesan anda di kotak editor yang tersdia. setelah selesai, tekan tombol kirim yang ada di bagian kiri bawah. Selesai.
Penting : jangan lupa untuk selalu sign out (log out) sehabis menggunakan email kalian.
Oh, iya mungkin ada pula yang menanyakan, jika sewaktu-waktu mau membuka kembali emailnya bagaimana caranya? Caranya adalah pastekan alamat berikut ke browser kalian https://mail.yahoo.co.id/. Nah, di situ nanti kalian akan diminta memasukkan Yahoo! ID dan password. Yahoo! ID adalah alamat email kalian, dan passwordnya adalah seperti yang telah kalian buat pada saat mendaftar email. Gimana, apakah masih merasa kesulitan? Silahkan tinggalkan komentarnya demi perbaikan selanjutnya.
Sumber:http://www.idafazz.com/cara-membuat-email-di-yahoo.php
b.JENIS EMAIL
A. WEB BASED E-MAIL
Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.
Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.
Kelebihan :
- Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
- Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
Kekurangan :
- Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
- E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
- Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.
B. IMAP
IMAP (Internet Message Access Protokol) merupakan sebuah protokol yang dirancang agar user dapat mengakses e-mail pada mailbox serta dapat berinteraksi dengan mail server. Port yang digunakan oleh protokol ini dalam TCP/IP adalah port nomor 143. IMAP menggunakan koneksi yang terus-menerus ke server. Begitu ada email masuk, kamu akan segera melihatnya di email client. Berbeda dengan POP3 yang memeriksa email dalam interval waktu yang ditentukan. Email yang masuk sangat cepat masuk ke client kamu, seringkali lebih cepat daripada di web interface sendiri. Hampir seperti Blackberry! Namun kamu harus punya koneksi internet yang cukup baik untuk menggunakan IMAP.
Apa yang kamu lihat di inbox email kamu, itu pula yang kamu lihat di email client. Bahkan jika kamu menggunakan 10 email client, di web interface, desktop, notebook, ponsel, dsb, semua akan memperlihatkan email yang sama. Jika kamu menggunakan banyak device untuk mengakses email, IMAP merupakan pilihan yang lebih baik dari POP3.
Kelebihan :
- Dengan IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di server.
- E-mail baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga e-mail juga dapat diakses dari tempat lain.
Kekurangan :
- Server layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.
C. POP3
POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP. POP saat ini sudah memasuki versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3). Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client (seperti Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.
Kelebihan :
- Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
- Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
- Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
Kekurangan :
- Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
- Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client (tidak bisa mengecek e-mail Kamu dari sembarang tempat).
- E-mail berbasis POP3 lambat.
- Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung e-mail dapat tak terbatas, tergantung besarnya kapasitas pada komputer lokal.
Sumber:http://indonesiasmartclub.blogspot.com/2010/02/macam-macam-bentuk-e-mail.html
c. Cara : Mengecek , Mengirim , Membalas Email
1.Cara Mengirim Email di Gmail
- Ketikkan alamat www.Gmail.com pada address bar browser anda, lihat gambar di atas pada langkah ke-1 dimana yahoo diganti dengan gmail
- Maka akan muncul tampilan berikut :
- Pada Kotak Nama Pengguna, Masukkan nama email anda misal : emailanda@gmail.comemailanda@gmail.com
- Kotak Sandi diisi dengan kata sandi yang telah dibuat oleh anda ketika mendaftarkan email
- Lalu klik tombol Masuk atau Sign In
- Maka akan muncul kotak dialog email di gmail seperti berikut :
Lalu pilih tombol Compose mail, maka akan muncul kotak dialog email di gmail sebagai berikut
- Pada kotak isian To, isi dengan alamat email tujuan yang akan di kirim oleh kita
- Subject : isi dengan judul email yang akan dikirim oleh kita
- Silahkan Tulis isi email di kotak yang tersedia lihat gambar di atas yaitu pada poin 3
- Cara terakhir adalah tinggal klik tombol Send, boleh tombol send yang di bawah maupun yang di atas.
- Itulah cara mengirim email di gmail, mudah kan !!!. Nah kalau cara yang telah ditempuh telah benar, untuk mengecek apakah email kita sudah ter kirim atau belum, maka setelah menekan tombol send maka akan muncul kotak dialog seperti ini :
tapi jika proses pengiriman gagal maka akan ada balasan yang dikirim oleh pihak gmail yang berisikan sebagai berikut:
- Setelah anda selesai mengirim email, cara selanjutnya jangan lupa Log Out jika ingin keluar dari email gmail anda.
Untuk bisa Log Out, caranya cukup klik Sign Out, Lokasinya paling pojok atas.
Sumber:http://www.ahmadyunus.com/section-blog/34-tutorialinternetpemula/107-cara-mengirim-email.html
2.CARA MEMBALAS EMAIL DI GMAIL
1. Login dengan akun yang telah dimiliki. Isi USERNAME dengan nama Email anda, misalnya:demonfox.salut@gmail.com.Isi password dengan password Email anda. Kemudian Klik sign in.
2. ketika sudah login otomatis akan ditampilkan judul surat-surat yang masuk. jika tidak tampil klik inbox. lalu klik judul suart untuk menampilkan dan membaca isi surat.
3.Dengan perintah di no.3 akan muncul isi surat secara lengkap seperti tampilan di bawah ini. Apabila surat itu mau dibalas maka klik REPLY yang mana saja,bawah maupun atas.
4. Dengan mengklik REPLY muncul tampilan seperti dibawah ini. Tulislah surat balasan kemudian klik send.
Sumber:http://feridarwin.blogspot.com/2008/12/cara-membuka-dan-membalas-email-di.html
d.Istilah Istilah di Email
*Address
Alamat email yang anda miliki.
*Address book atau contacts
Istilah untuk daftar nama danalamat email pada sebuah program email client.
*Attachment
istilah untuk melampirkan dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa pada saat email itu dikirim.
*BCC
system email yang memungkinkanpenggunanya melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat.
*Bounce email
Email yang tidak terkirim kepenerimanya dan masuk ke mailbox anda.
*cc
melakukan pengiriman email yangsama ke banyak alamat. Beda dengan bcc, cc in tidak menyembunyikan alamat penerima lainnya.
*Delivery Receipt
Pengirim menerima info bahwapenerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail clientnya.
*Distribution
list atau mailing list atau groups Fasilitas ajang pertukaran informasi antar sesama.
*Domain
Penamaan dalam dunia internet
*Draft
Tulisan yang belum dikirim.
*Exchange server
Untuk membuat email server.
*Filters
Penyaring email yang masuk, Seperti email porno, penipuan, promosi.
*Folder
Partisi tempat penyimpanan email yang diterima.
*Forward
Melakukan penerusan sebuah email ke penerima lain.
*Header
Kepala email, berisi informasi penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu.
*HTML Email
Email yang berisikan gambar dan teks.
*IMAP
Metode pengaturan email yang anda terima.
*Inbox
Kotak surat
*Junk mail
Email sampah, email yang dianggap tidak perlu bahkan menggangu sipenerima.
*Mailbox
Untuk menyatakan sebuah account email dengan kafasitas penampungan tertentu.
*Mail Client
Program penarik dan pengirim email.
*Mail Server
Perangkat server atau pc untuk melayani dan proses pengiriman dan penerimaan email.
*Mail Transper Agent (MTA)
Sistem yang bertugas meneruskandan menghantarkan pesan email.
*Outbox
Tempat penampungan sementara email yang mau dikirim.
*Outlook
Nama program mail client yang ada pada operating system windows
*Plain-text mail
Email yang hanya teks saja.
*POP3
Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email.
*Preview Pane
Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru.
*Sent items
Nama dari sebuah folder pada program mail client.
*Signature
Identitas pengirim yang harus selalu dituliskan di akhir pesan email.
*SMTP
Sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan email.
*Vacation messege
Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email.
*Web based Email
Halaman web khusus untuk melayani anda untuk mengirim dan menerima email. WBE ini Milik yahoo, Gmail, dll.
Sumber:http://andre-sasa.blogspot.com/2011/08/istilah-istilah-dalam-email.html
e. Etika Penulisan Email
Cara Anda menulis email merefleksikan banyak hal. Status Anda di tempat kerja, cara Anda bekerja, tingkat stres, bahkan kepribadian Anda. Email, atau surat elektronik, merupakan cara berkomunikasi yang sangat penting bagi para atasan. Sebaliknya, email juga dapat disalahgunakan bila digunakan dengan cara yang salah. Berikut ini 10 dasar kiat menggunakan email yang baik. 1. Email bukan satu-satunya cara berkomunikasi Email merupakan cara berkomunikasi yang cepat, mudah, serta dapat disimpan. Email sanggup mengirimkan pesan ke seluruh dunia hanya dengan mengklik mouse. Tetapi email juga dapat menyesatkan para atasan untuk berpikir bahwa mereka dapat mengatur pegawainya hanya melalui email. Jadi, gunakan email secara bijaksana tetapi jangan mengatur perusahaan melalui email. Anda tidak dapat mendekati semua orang yang ingin Anda dekati hanya melalui email, karena kehadiran Anda tidak dirasakan. 2. Tuliskan email secara pendek dan dengan kata-kata yang baik Hindari menulis email yang sangat panjang. Melihat email yang panjang biasanya membuat orang malas membacanya, sehingga bisa jadi baru dibaca pada sore atau bahkan keesokan harinya. Anda harus tahu, kapan waktunya harus berbicara langsung dengan orang yang Anda tuju dengan mendatanginya atau cukup melalui telepon. 3. Tulis isi email dengan jelas Ungkapkan maksud Anda dengan jelas. Perjelas mengenai hal yang diprioritaskan dan hal yang harus dikerjakan. Sertakan tombol jawaban agar Anda tahu bahwa email Anda sudah dibaca dan dimengerti oleh orang yang dituju. 4. Terbuka terhadap pertanyaan Dukung pegawai untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Dengan demikian memperlihatkan bahwa Anda selalu terbuka bagi mereka. 5. Ungkapkan kemarahan lewat tatap muka langsung Isi email yang penuh amarah atau yang berisi kritikan dapat merupakan awal dari keributan. Persingkat email Anda agar tidak ada salah interpretasi pada yang menerimanya. Kendalikan pesan yang disampaikan, serta kendalikan juga perasaan Anda pada waktu menulis email tersebut. Dengan menelepon atau mendatangi langsung orang yang bersangkutan, merupakan cara yang jauh lebih baik bila ada hal-hal yang tidak memuaskan yang perlu dibicarakan. 6. Batasi email humor Muka yang tersenyum memperlihatkan bahwa Anda sedang membaca sesuatu yang lucu. Tetapi terlalu banyak tersenyum akan mengganggu pada waktu Anda harus menulis email yang serius. Beberapa perusahaan melarang mengirimkan email yang berisi lelucon karena mengganggu waktu bekerja Anda. 7. Lima menit antara waktu menerima dan membalas email Waktu lima menit merupakan waktu yang wajar dalam menjawab email. Bila pada saat akan menulis email Anda sedang marah, sebaiknya tunda dulu. Berdiri dari kursi kerja Anda, jalan di sekitar ruang kerja atau lakukan sesuatu sebelum mulai menulis email kembali. 8. Setiap hari tentukan waktu untuk menjawab email Bila Anda sibuk, delegasikan kepada seseorang untuk menjawabnya (sekretaris atau bawahan Anda yang lain). 9. Belajar menulis email yang baik Menulis email yang baik memerlukan latihan. Email harus memiliki beberapa peran dalam komunikasi Anda, apakah dengan para pegawai, teman usaha, atau dengan yang lainnya. Anda harus menyadari, tidak semua orang ataupun pegawai bisa bertemu muka dengan Anda secara teratur sehingga tidak dapat disalahkan bila mereka memberikan penilaian tertentu terhadap cara Anda menuliskan email. 10. Gunakan bahasa yang baik Hindari kesalahan mengetik dan penggunaan kata-kata yang berantakan serta kata-kata klise. Sumber : Kompas | |||
f. Mailing list Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama. Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak. Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya. Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com. Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri. | |||
Diskusi dan interaksi antarmanusia dapat dilakukan melalui jaringan Internet. Salah satu media yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah e-mail menggunakan jasa mailing list server yang dapat menampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui e-mail sekaligus. Pada tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, California, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama[rujukan?] dengan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu. Berawal dari milis pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola milis ini ternyata terus berkembang dari sebuah milis legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Milis ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia. Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antarumat beragama. Beberapa Jenis Milis di IndonesiaDi samping mailing list bertema keagamaan, juga banyak terbentuk mailing list Indonesia yang sifatnya keilmuan seperti:
Sebagian besar mailing list di atas telah menjadi sejarah. Keberadaan dan arsip banyak mailing list Indonesia di masa lalu dulu dapat dilihat di Pada hari ini, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada fasilitas gratis yang diberikan oleh yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com/ dan Google pada mesin http://groups.google.com/. Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.or.id/ yang diletakan di Internet Service Provider CBN. | |||
Kelebihan
Kekurangan
| |||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar